Kontan Online

PHOTO STORY / MANUFAKTUR

Mengintip produksi ventilator karya anak bangsa

Rabu, 20 Mei 2020


Beberapa perusahaan di dalam negeri mengklaim mampu memproduksi alat bantu pernafasan alias ventilator.

Produksi ventilator di dalam negeri ini untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor ventilator yang saat ini sangat dibutuhkan untuk menangani pasien terinfeksi virus corona Covid-19.

Beberapa perusahaan yang telah mampu memproduksi ventilator diantaranya adalah BUMN produsen senjata yakni PT Pindad, dan BUMN produsen pesawat PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Kedua BUMN ini telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi untuk memproduksi beberapa sepesifikasi ventilator. Misalnya, Pindad sudah bisa produksi tiga tipe ventilator, yang satu diantaranya hasil kreasi desain sendiri, dan dua yang lain bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Universitas Indonesia.

Sementara PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menjalin kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk membuat ventilator.

PTDI dan ITB mengembangkan mesin ventilator portabel bernama Ventilator Indonesia atau Vent-I yang diproduksi sebanyak 500 produk per minggu atau sekitar 2.000 per bulannya untuk membantu penanganan pasien COVID-19.

Editor: Daniel Prabowo, Syamsul Azhar

PHOTO STORY LAINNYA