Kontan Online

PHOTO STORY / REG

Nirwana di Bawah Perairan Wakatobi

Jumat, 13 September 2019


Berada di Pusat Kawasan Segi Tiga Karang Dunia (Coral Tri-angle Center), menjadikan perairan Wakatobi memiliki koleksi biota laut terbesar. Dari 820 jenis karang di dunia, 750 jenis karang ada di Wakatobi. Dengan kata lain, 90% jenis karang di dunia ada di Wakatobi. Tak pelak, Wakatobi bak surga bagi para penggemar selam.

Warna-warni soft coral yang begitu banyak serta ikan-ikan kecil beraneka jenis yang seolah asyik mengelilingi penyelam acap bikin lupa waktu. Keindahan nirwana bawah laut Taman Nasional Wakatobi dengan berbagai biota laut yang rupawan seakan menyambut dan mengucapkan selamat datang.

Total terdapat sekitar 99 titik diving di gugusan kepulauan Wakatobi yang diapit Laut Banda dan Laut Flores ini, siap menyajikan pengalaman luar biasa. Bermodal tabung scuba terisi penuh 200 bar-220 bar, menyelam di kedalaman 15 meter dengan pernafasan normal, batas waktu 40 menit terasa begitu singkat.

Koral beraneka warna terhampar seluas mata memandang, tempat ikan-ikan bermain diantara celahnya. Rasa takjub kian memuncak saat meyelam lebih dalam, panorama yang begitu eksotis tersaji begitu memanjakan setiap mata para penyelam yang memandang.

Itu sebabnya keindahannya pun telah diakui dunia sebagai The Little of Paradise in the World. Kini, Wakatobi termasuk desinasi 10 Bali Baru. Dengan luas 1,39 juta hektare (ha), hampir seluruh wilayah perairan Taman Nasional Wakatobi bisa menjadi tempat menyelam maupun snorkeling.

PHOTO STORY LAINNYA