Kontan Online

PHOTO STORY / UKM

Gurihnya Kacang Rondam Samosir

Jumat, 30 Agustus 2019


Mengolah kacang tanah menjadi camilan telah menjadi sumber ekonomi mayoritas keluarga di Pangururan, Samosir. Tak sedikit keluarga di kabupaten yang terkenal dengan pariwisata Danau Toba ini, yang menggantungkan hidup dari usaha pengolahan kacang.

Proses pengolahan kacang terbilang sederhana. Kacang tanah terlebih dahulu direndam air. Dari tahap inilah asal penyebutan kacang rondam. Kacang-kacang tersebut pada akhirnya disangrai dengan pasir menggunakan drum yang diputar di atas api.

Seperti halnya pembuatan kacang rondam UD Mars di rumah produksi di Desa Pardomuan, Kecamatan Pangururan ini. UD Mars besutan Jamal Simbolon sudah lebih dari 30 tahun memproduksi kacang rondam.

Dua kali dalam sepekan kacang rondam diproduksi, dengan sekali produksi sebanyak 30 kilogram. Harga jual kacang rondam Rp 15.000 per kemasan dan melayani sistem curah.

Selain kendala penjualan yang masih mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut, bahan baku kacang dari Samosir dirasa tak cukup untuk memenuhi kebutuhan produksi.

PHOTO STORY LAINNYA