Kontan Online

PHOTO STORY / OTO

Menggenjot Pajero Sport Menjelajah Jawa

Jumat, 12 April 2019


Dinihari pukul 4 pagi, tim KONTAN Jelajah Ekonomi Trans Jawa bersiap menunggangi All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2. Dengan mobil di segmen sport utility vehicle (SUV) yang memiliki perawakan sangar dan bongsor, tim pun mulai menjelajah.

Menembus dinginnya Jakarta, melintasi jalanan dan jalan tol dalam kota yang masih sepi. Bermodal mesin diesel 4N15 berkapasitas 2.4 Liter MIVEC Turbochargerd dan Intercooled membuat SUV bongsor ini nyaman saat digeber di jalan tol dalam kota.

Kendati masih gelap, ruas jalan tol Jakarta – Cikampek tersendat akibat pembangunan tol layang Jakarta–Cikampek Elevated. Selepas Karawang, kami baru bisa menggenjot lagi kecepatan. Di Majalengka, kami menjajal tanjakan menuju terasering Panyaweuyan. Dengan tenaga mobil yang mencapai 181 PS dan torsi puncak 430 Nm tanjakan terasa ringan untuk dilibas.

Selanjutnya, kami kembali menyusuri jalan tol Trans Jawa menuju Pekalongan. Beberapa ruas tol yang penerangannya terasa minim saat malam hari, terbantu dengan lampu projector LED dengan autoleveling yang diusung All New Pajero Sport.

Keesokan harinya, kami melanjutkan perjalanan menuju Solo, menyusuri jalan tol sambil menikmati infotainment yang disajikan dengan layar sentuh 6,5 inci. Bisa memainkan cakram CD/DVD/MP3, koneksi bluetooth, USB, HDMI dan sistem navigasi.

Hari berikutnya, kami melanjutkan perjalanan menuju Surabaya sambil menjajal seberapa nyaman si bongsor ini saat digenjot di jalan tol. Dengan ditopang keandalan mesin, fitur keselamatan dan keamanan lengkap di kelasnya, membuat pengemudi serta penumpang percaya diri mengendarai mobil ini di jalan bebas hambatan.

Ruas exit tol Pandaan menuju Batu jalanan macet akibat pembangunan exit Pandaan–Malang, jadi tim memutuskan mencari jalan pintas. Lagi-lagi kami harus berhadapan dengan jalanan berbatu, kecil, dan menanjak melintasi perkebunan teh Wonosari. Namun dengan suspensi dan berbagai fitur eperti Active Stability and Traction Control (ASTC), Hill Descent Control (HDC) dan lainnya, perjalanan menuju Batu pun terasa nyaman.

PHOTO STORY LAINNYA