Kontan Online

PHOTO STORY / UKM

Batik Pekalongan

Jumat, 29 Maret 2019


Batik adalah seni dan tradisi melukis di atas kain warisan leluhur asli Indonesia. Tradisi ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia di nusantara.

Ada banyak jenis batik yang kesohor di beberapa daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil batik adalah Pekalongan.

Batik produksi Pekalongan adalah batik tulis dan batik cetak. Kreativitas para perajin untuk selalu membuat motif batik yang baru, menjadikan batik Pekalongan terlihat berbeda dibandingkan batik yang berasal dari daerah lain.

Selain itu, produsen batik Pekalongan didominasi para pengusaha kecil yang jumlahnya sangat banyak dan tidak dikuasai oleh pengusaha bermodal besar.

Kehadiran jalan tol TransJawa diharapkan dapat mendongkrak penjualan batik Pekalongan. Apalagi dengan interchange jalan tol Kota Pekalongan yang berada persis di depan Pasar Grosir Setono. Para pedagang di pasar grosir tersebut bergairah dengan interchange yang persis di depan lokasi mereka berdagang.

Mereka berharap, para pelancong yang mampir akan semakin banyak. Dengan jalan tol, kiriman batik ke daerah lain diharapkan juga semakin cepat.

PHOTO STORY LAINNYA