Kontan Online

PHOTO STORY / PAR

Pesona Dataran Tinggi Dieng

Jumat, 11 Januari 2019


Rasa dingin langsung menyergap begitu menapaki Dataran Tinggi Dieng, kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah. Kawasan wisata ini masuk Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Ketinggian rata-rata kawasan Dataran Tinggi Dieng ini adalah sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu berkisar 12 hingga 20 derajat celcius di siang hari, dan mencapai 6C–10C di malam hari.

Nama Dieng berasal dari gabungan dua kata bahasa Kawi: "di" yang berarti "tempat" atau "gunung" dan "Hyang" yang bermakna (Dewa). Dengan demikian, Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam.

Pertanian merupakan mata pencaharian utama masyarakat. Kentang merupakan hasil bumi utama selain carica, buah pepaya gunung yang juga merupakan salah satu komoditas andalan. Carica biasanya diolah menjadi penganan berupa manisan untuk menjadi buah tangan khas Dieng.

Selain pertanian, pariwisata merupakan sektor andalan yang sekarang menjadi primadona masyarakat dataran tinggi Dieng. Puluhan ribu pelancong baik lokal maupun mancanegara berkunjung ke kawasan ini tiap tahun.

Berbagai daya tarik wisata baik alam maupun budaya ada di Dieng. Wisata budaya diwakili oleh berbagai candi yang terdapat di kawasan ini. Di antaranya kompleks Candi Arjuna dan para bocah berambut gimbal. Sementara untuk wisata alam Anda bisa berkunjung ke Telaga Warna atau Kawah Sikidang.

PHOTO STORY LAINNYA