Kontan Online

PHOTO STORY / PAR

Festival Pesona Tanjung Lesung

Rabu, 28 November 2018


Harapan terwujudnya destinasi wisata "Bali Baru" di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, sepertinya menuju kenyataan. Pemerintah bersama berbagai pihak berusaha maksimal dengan berbagai macam usaha untuk mempromosikan wilayah di ujung paling barat Pulau Jawa itu. Salah satunya melalui perhelatan Festival Pesona Tanjung Lesung (FPTL) 2018. Kegiatan yang masuk ke dalam kalender 100 event pariwisata nasional itu memadukan festival olahraga (sport tourism) dan atraksi budaya.

Kementerian Pariwisata sebagai penggagas acara tersebut mengambil konsep Sport and Adventure yakni Rhino Cross Triathlon yang dikombinasikan dengan budaya lokal. Selain itu ada juga MTB XC Marathon (Mountain Bike Cross Country) dan Sunset Trail Run. MTB VC Marathon akan menempuh jarak 16 kilometer sedangkan untuk Sunset Train Run menempuh jarak 17 kilometer dengan melewati rute destinasi terbaik di Tanjung Lesung.

Selain sport tourism, pertunjukan seni budaya juga disajikan di FPTL 2018 seperti debus dan tarian api. Wisatawan juga bisa menikmati suasana desa di Kampung Cikadu. Ada juga Collosal Art Performance, Devile Pesona Tanjung Lesung dan Festival Kolecer yang menawarkan beragam kuliner lokal.

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan bisa membuat orang lebih tertarik mengunjungi Tanjung Lesung. Pemerintah sendiri menargetkan kunjungan wisatawan di daerah itu meningkat hingga 6,1 juta saat beroperasi penuh di tahun 2020.

Foto dan Teks : Wahyu Putro

PHOTO STORY LAINNYA