Kontan Online

PHOTO STORY / INT

Bertamu ke Rumah Sang Nabi

Selasa, 06 November 2018


Ya Nabi Salam Alaika

Ya Rasul Salam Alaika

Ya Habib Salam Alaika

Sholawatullah Alaika

...

Selawat dilafalkan dari umat yang datang untuk berziarah di makam junjungan kaum muslimin dan muslimat, Nabi Muhammad, di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Mereka rela bersabar berjejalan dan berhimpitan dari pintu utama Bab As-Salam untuk dapat sekadar memandang sejenak dan melambaikan tangan ke arah pusara Sang Rasul beserta dua sahabatnya Abu Bakar ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab. Sebagian di antara mereka tak kuasa menitikkan air mata haru.

Pemandangan serupa juga terlihat di sekitar areal "taman surga" Raudhah. Sejumlah umat mengantre berdesak-desakan untuk dapat memasuki areal nan mulia yang berada di antara makam dengan mimbar Nabi Muhammad di dalam Masjid Madinah. Dibutuhkan kesabaran ekstra, kepasrahan, dan keberuntungan guna mendapatkan sepetak tempat untuk bersimpuh, bersujud, dan bermunajat di atas permadani hijau penanda taman surga.

Kota Madinah al Munawwarah atau Kota Bercahaya bersama Masjid Nabawi sebagai pusatnya tak henti dibanjiri umat muslim dari seluruh penjuru dunia. Situs-situs periode awal Islam seperti Komplek Makam Baqi tempat pembaringan terakhir para sahabat dan syuhada, dan masjid pertama yang dibangun dalam sejarah Islam yakni Masjid Quba, tak pernah sepi dari umat yang datang untuk berziarah sekaligus mengenang dan meneladani para pelopor Islam.

Daerah yang mulanya didiami Kaum Anshar dan kemudian menjadi tempat Nabi Muhammad bersama para sahabat dan Kaum Muhajirin berhijrah ini terasa sungguh bersahaja jauh dari gemerlap kota besar. Atmosfer religius menusuk ke dalam kalbu tiap-tiap insan yang datang dengan segala kepasrahan hanya untuk Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang semata.

Foto dan Teks: Ismar Patrizki

PHOTO STORY LAINNYA