Kontan Online

PHOTO STORY / REG

Berayun Riam Sungai Mahakam

Selasa, 09 Oktober 2018


Kapal cepat merupakan moda transportasi umum utama masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Keberadaannya vital bagi penduduk setempat. Melalui kapal-kapal cepat yang beroperasi di Sungai Mahakam warga dapat terhubung dengan kampung atau desa lain, terutama yang belum memiliki akses jalan darat, seperti Kampung Tiong Ohang yang berada di perbatasan Indonesia-Malaysia.

Bagi para penggemar pelesiran, perjalanan dari Pelabuhan Ujoh Bilang menggunakan kapal cepat menyusuri Sungai Mahakam menuju Kampung Tiong Ohang memberi kesan tersendiri. Pemandangan alam di tepi sungai menjadi suguhan mata selama berada di kapal cepat.

Perjalanan menyusuri sungai yang melenakan seketika berubah memacu adrenalin, ketika kapal cepat mencapai lokasi riam atau aliran air deras yang berbahaya. Terdapat sejumlah riam yang cukup kondang di aliran Sungai Mahakam wilayah Long Apari, salah satunya yaitu, Riam Panjang.

Dibutuhkan kepiawaian nakhoda dalam mengendalikan kapal cepatnya ketika melewati Riam Panjang. Sementara bagi penumpang, pelampung menjadi mutlak dikenakan saat melintasi riam tersebut. Arus deras yang mengayun kapal cepat menjadi sensasi lain saat menyusuri Sungai Mahakam di Long Apari.

Foto dan Teks: Aprillio Akbar

PHOTO STORY LAINNYA