Kontan Online

PHOTO STORY / ENV

Kedatangan panda raksasa dari China

Kamis, 28 September 2017


Setelah terbang lebih dari 4.400 kilometer, sepasang panda raksasa bernama Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina), akhirnya tiba di Indonesia, Kamis (28/9) pagi.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan kedua panda, dua orang dokter hewan dan dua pengasuh dari Taman Safari Indonesia dan China Conservation and Research Centre for Giant Panda (CCRCGP) ikut dalam penerbangan ini.

Penerbangan Chengdu-Jakarta merupakan perubahan rute (re-route) penerbangan reguler supaya hewan warisan dunia itu bisa lebih cepat tiba di tujuan.

Penerbangan Garuda Indonesia dari Chengdu ke Jakarta biasanya transit di Denpasar, dengan total waktu tempuh mencapai 8 hingga 9 jam. Namun dengan re-route ini penerbangan dipangkas menjadi hanya sekitar 5 jam saja.

Cai Tao dan Hu Chun sendiri akan tinggal di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor. Sesuai kesepakatan dengan pihak China dalam loan breeding ini kedua panda raksasa yang berumur 7 tahun itu, akan berada di Indonesia selama 10 tahun.

Cai Tao dan Hu Chun diharapkan bisa mempunyai anak saat tinggal di Indonesia. Kedua panda itu akan dikarantina terlebih dahulu sebelum diperlihatkan kepada publik.

Editor : Daniel Prabowo

PHOTO STORY LAINNYA