PHOTO STORY / PHOTOGRAPHY-PRIZE/

Foto-foto terbaik World Press Photo

Selasa, 14 Februari 2017


Seperti telah diduga sejumlah pewarta foto di Indonesia, peristiwa pembunuhan dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov layak menjadi representasi wajah kekerasan yang menggejala di seantero belahan dunia.

Peristiwa tragis yang terjadi dalam sekejapan mata di suatu galeri di Ankara pada malam 19 Desember itu akhirnya dicuplik dewan juri kontes World Press Photo (WPP) sebagai Foto Terbaik Dunia sepanjang tahun 2016.

Pewarta foto senior Turki, Burhan Ozbilici, yang bekerja untuk kantor berita Associated Press (AP), berhasil membidik rangkaian peristiwa sadis itu dalam jarak dekat, tepat di hadapan podium yang kala itu menjadi pentas pusat perhatian saat dubes kawakan Rusia tengah menyampaikan sambutan pembukaan pameran foto tentang Turki yang diabadikan sejumlah fotografer Rusia.

Imaji yang diabadikan Burhan memperlihatkan momentum puncak saat seorang polisi yang sedang cuti, Mevlut Mert Altintas, mengangkat tangan kirinya dan berteriak, "Kenanglah Aleppo, ingatlah Syria". Di tangan kanannya tergenggam sepucuk pistol setelah digunakannya untuk membantai Karlov yang terbujur tak bernyawa di lantai galeri.

Para kampiun foto jurnalistik sepanjang 2016 dalam WPP merupakan bagian dari 80.408 foto yang diterima panitia, yang diabadikan 5.034 pewarta foto dari 125 negara.

Seperti yang sudah-sudah, kontes WPP selalu menjadi suara bagi para pewarta foto dunia.

Naskah: ANTARA FOTO/Oscar Motuloh
Editor: Daniel Prabowo

PHOTO STORY LAINNYA