Kontan Online

PHOTO STORY / REG

Ibu Kota Bersolek

Kamis, 09 Agustus 2018


Dalam hitungan hari, Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah ajang pesta olahraga terbesar se-Asia. Bersama Palembang, Jakarta menjadi tempat unjuk prestasi para atlet terbaik Asia dalam perhelatan Asian Games 2018 yang digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Ribuan pasang mata akan tertuju ke Jakarta. Jutaan lainnya akan menyaksikan melalui layar televisi dan gawai. Citra Jakarta sebagai salah satu kota yang didaulat sebagai tuan rumah Asian Games 2018 dipertaruhkan. Demi nama baik bangsa dan negara, Ibu Kota pun bersolek.

Mengutip istilah kepala daerah Ibu Kota, ‘beautifikasi’, Jakarta pun berhias. Warga, personel berbagai pihak terkait, serta petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dikerahkan untuk membuat Jakarta cantik. Ornamen, hiasan, dan mural bertema Asian Games 2018 mewarnai Jakarta dari pusat kota dan keramaian hingga pelosok perkampungan. Warna-warni yang diadopsi dari warna logo Asian Games 2018 membuat Ibu Kota terlihat mentereng dan perlente.

Tengara kota seperti kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Kota Tua, Stadion Utama Gelora Bung Karno hingga tempat berkantornya para anggota dewan semuanya terlihat beraneka warna. Tak kalah dengan “landmark” kota, Kampung Delta di Kemayoran yang dulunya kumuh disulap sedemikian rupa menjadi kampung tematik Asian Games 2018. Begitu pula dengan beragam sarana transportasi Ibu Kota. Bus, bajai, dan lain sebagainya terlihat meriah dengan hiasan bertema Asian Games.

Selamat datang di mancawarna Jakarta wahai olahragawan-olahragawati dan delegasi Asian Games 2018. Selamat bertanding. “Enjoy Jakarta”.

Foto dan Teks: Akbar Nugroho Gumay

PHOTO STORY LAINNYA