PHOTO STORY / REGIONAL

Indah Kampung Pelangi

Jumat, 19 Mei 2017


Kampung Wonosari di Kelurahan Randusari, Kota Semarang ini dulunya hanyalah sebuah kampung kumuh kecil di Kota Semarang. Terletak persis di pinggir Kali Semarang, kampung ini memiliki sekitar 300-an rumah.

Dalam beberapa pekan terakhir, kampung ini berubah rupa dan terkenal di media sosial dengan sebutan Kampung Pelangi.

Disulap dengan cat warna-warni, kampung ini terkenal karena sangat instagramable, sebutan untuk tempat-tempat yang indah untuk berfoto dan kemudian diunggah ke media sosial. Tidak hanya rumah yang berwarna-warni, jalan dan jembatan pun berhias dengan warna.

Dengan kontur perbukitan, gang-gang kecil menghiasi Kampung Pelangi. Gang-gang itu menjadi nadi dari tingginya tingkat kepadatan antar rumah warga di kampung tersebut.

Di pagi hari, walau masih gelap, lalu lalang warga yang naik turun tangga telah terlihat ramai. Aktivitas warga yang berangkat kerja dengan menggunakan motor atau berjalan kaki menunjukkan gairah kehidupan di kampung ini.

Menurut warga, perkampungan ini berubah dari kusam dan kumuh menjadi berwarna-warni karena sumbangan banyak pihak.

Salah satunya Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Semarang. Terinspirasi kampung warna-warni di sejumlah kota di Indonesia, Pemerintah Kota Semarang mengubah kampung ini menjadi Kampung Pelangi.

Pemerintah Kota Semarang berharap Kampung Pelangi menjadi rangsangan destinasi wisata baru di Semarang. Sebuah tempat untuk memanjakan mata dan berfoto ria.

Semoga dengan perubahan ini, warga bisa memanfaatkan peluang bisnis atas banyaknya wisatawan yang banyak berkunjung pada pagi maupun sore hari.

Foto dan naskah: Muradi

PHOTO STORY LAINNYA