Kontan Online
PHOTO STORY / UKM

Melihat Proses Produksi Gula Semut Kualitas Ekspor

Kamis, 17 November 2022


Pandemi Covid-19 membawa berkah bagi para petani gula kelapa di Desa Semedo, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lewat inovasi, petani gula kelapa di desa ini bisa mengubah gula kelapa menjadi gula berbentuk butiran yang disebut gula semut.

Bentuk yang berubah dari gula kelapa cetak menjadi gula semut telah membawa peruntungan bagi petani gula kelapa Desa Semedo. Produk gula semut mereka telah menembus pasar ekspor di bawah koordinasi Koperasi Semedo Manise Sejahtera.

Semasa pandemi, pesanan gula semut di pasar ekspor malah naik dua kali lipat. Sebelum pandemi, koperasi ini mengekspor rata-rata 15-20 ton per bulan. Saat pandemi, koperasi ini pernah mengekspor 60 ton gula semut dalam satu bulan.

Sebagian besar dari produksi gula semut Desa Semedo, untuk pasar ekspor ke Amerika Serikat dan Eropa. Sisanya baru ditujukan ke pasar dalam negeri.

Kisah sukses petani gula kelapa di Desa Sedemo tidak terlepas dari bimbingan Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA). Sejak 2018, Desa Semedo menjadi bagian dari program pemberdayaan masyarakat bidang kewirausahaan bertajuk Kampung Berseri Astra.

Pewarta Foto: Baihaki
Editor: Daniel Prabowo

PHOTO STORY LAINNYA