PHOTO STORY / REG

Insentif tambahan bagi para penggali kubur

Penggali kubur
Seorang pekerja beristirahat sejenak usai menyelesaikan penggalian makam bagi jenazah pasien Covid-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (13/7/2021).(KONTAN/Fransiskus Simbolon)
Gali makam
Seorang pekerja menyelesaikan penggalian makam bagi jenazah pasien Covid-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (13/7/2021).(KONTAN/Fransiskus Simbolon)
Nisan makam
Seorang pekerja menuliskan data jenazah pada nisan untuk makam di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (13/7/2021).(KONTAN/Fransiskus Simbolon)
Gali makam
Seorang pekerja menyelesaikan penggalian makam bagi jenazah pasien Covid-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (13/7/2021).(KONTAN/Fransiskus Simbolon)
Pemakaman Covid-19
Sejumlah pekerja melakukan proses pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (13/7/2021).(KONTAN/Fransiskus Simbolon)
Beristirahat
Seorang pekerja beristirahat sejenak di antara makam di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (13/7/2021).(KONTAN/Fransiskus Simbolon)
Penggali kubur
Seorang pekerja mengenakan lampu senter saat menyelesaikan penggalian makam bagi jenazah pasien Covid-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (13/7/2021).(KONTAN/Fransiskus Simbolon)
Alat berat
Para pekerja dibantu alat berat menggali makam bagi jenazah pasien Covid-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (13/7/2021).(KONTAN/Fransiskus Simbolon)

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak pihak yang memiliki dedikasi tinggi. Terlebih lagi, ketika angka kasus dan juga angka kematian yang tinggi. Ada orang-orang di balik itu semua yang bekerja keras.

Salah satunya adalah para tenaga penggali kubur di tempat pemakaman umum. Mereka bekerja tak henti untuk memakamkan jenazah dengan protokol Covid-19, bahkan terkadang hingga dini hari.

Hingga saat ini, belum banyak terlihat bantuan yang diberikan kepada para penggali kubur. Insentif tambahan dari anggaran penanganan Covid-19 pun patut diberikan kepada mereka yang bekerja ekstra akibat angka kematian yang tinggi.

Pewarta Foto: Fransiskus Simbolon
Editor: Daniel Prabowo

PHOTO STORY LAINNYA