PHOTO STORY / KES

Persiapan menuju kenormalan baru

Tempat duduk pengunjung mal
Pengunjung duduk di lokasi yang telah ditentukan di pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (29/5/2020). Sejumlah aturan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, pemeriksaan suhu tubuh dan jaga jarak diterapkan di pusat perbelanjaan tersebut seiring memasuki era normal baru di tengah pandemi COVID-19.(ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Pemeriksaan suhu tubuh
Seorang pramuniaga memeriksa suhu tubuh pengunjung yang akan memasuki salah satu gerai pakaian di pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (29/5/2020). Sejumlah aturan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, pemeriksaan suhu tubuh dan jaga jarak diterapkan di pusat perbelanjaan tersebut seiring memasuki era normal baru di tengah pandemi COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Shalat Jumat
Jamaah melaksanakan shalat Jumat berjamaah di Masjid Agung Al Barkah, kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/5/2020). Kota Bekasi melaksanakan shalat Jumat setelah lebih dua bulan ditiadakan dan dilakukan dengan protokol pencegahan COVID-19. (ANTARA FOTO/Paramayuda)
Sekat plastik di masjid
Pengurus masjid menyemprotkan cairan disinfektan usai ibadah shalat zuhur berjamaah yang diberi sekat plastik di Masjid Daarul Wasiilah Desa Brujul, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (30/5/2020). Pengurus masjid setempat memasang sekat plastik untuk memberi jarak antar jamaah sebagai persiapan menghadapi normal baru dan ketentuan ibadah shalat berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Tanda jaga jarak di gereja
Pengurus Gereja menempelkan tanda menjaga jarak pada kursi jamaat di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (30/5/2020). Gereja tersebut mulai mempersiapkan normal baru untuk kegiatan ibadah di Gereja dengan memberi tanda menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh jemaat.(ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Misa Katedral Palangkaraya
Umat Katolik mengikuti ibadah Misa Minggu dengan berjaga jarak fisik di Gereja Katedral, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (31/5/2020). Keuskupan di gereja tersebut mengadakan kembali aktivitas ibadah Misa Minggu dengan menerapkan protokol kesehatan dan tatanan baru, serta mewajibkan umat Katolik menggunakan masker, mencuci tangan dan berjaga jarak saat ibadah guna mencegah penyebaran COVID-19. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)
Sekat plastik di warung kopi
Pengunjung dengan sekat plastik duduk berjaga jarak di salah satu warung kopi di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (29/5/2020). Warung kopi yang mulai melayani pengunjung usai Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tersebut menerapkan protokol kesehatan terkait pencegahan penularan virus corona.(ANTARA FOTO/ARNAS PADDA)
Menata bangku restoran
Sejumlah anggota Polri menata bangku restoran dengan menerapkan protokol kesehatan usai apel pencanangan normal baru di halaman parkir salahsatu mall di Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (30/5/2020). Pemerintah Kota Tegal mulai melakukan pencanangan normal baru selama 30 hari mulai 30 Mei hingga 30 Juni mendatang dengan penjagaan TNI/Polri di seluruh mall dan pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Personel TNI
Personel TNI berjaga di pintu masuk salah satu mal di Kota Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (30/5/2020). Dalam pencanangan normal baru di Kota Tegal selama 30 hari mulai 30 Mei hingga 30 Juni mendatang, Pemerintah Kota Tegal, TNI dan Polri akan menjaga ketat pengunjung yang masuk ke dalam mal dan sejumlah pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Protokol kesehatan
Pekerja mengenakan masker dan pelindung wajah saat membersihkan lantai pusat perbelanjaan Thamrin City di Jakarta, Sabtu (30/5/2020). Kementerian Perdagangan akan membuka kembali aktivitas perdagangan seperti pasar rakyat, toko swalayan, pusat perbelanjaan serta tempat hiburan mulai bulan Juni 2020 secara bertahap di masa normal baru dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Memasuki pekan pertama Juni 2020, sejumlah industri bersiap menghadapi New Normal atau kenormalan baru, kondisi yang akan diterapkan setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan.

New normal juga identik dikaitkan dengan pembukaan sarana atau ruang publik, perkantoran, industri, sekolah, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Hal ini agar masyarakat dapat beradaptasi dan beraktivitas seperti biasa meski pandemi Covid-19 belum usai.

Berbagai bidang usaha dan ruang publik yang sebelumnya beroperasi terbatas atau bahkan tutup sementara, menyiapkan standar dan syarat new normal dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan virus corona.

Pemerintah juga telah menerjunkan personel TNI dan Polri untuk menjaga kedisiplinan para pelaku usaha dan anggota masyarakat untuk mengikuti segala protokol dalam menghadapi era new normal.

Editor : Daniel Prabowo

PHOTO STORY LAINNYA