PHOTO STORY / REG

Puncak arus mudik telah tiba

Antrean Gerbang Tol
Kendaraan pemudik dari arah Jakarta memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2019). (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)
Pemberlakuan sistem satu arah
Kendaraan dari arah Jakarta melintas di Tol Cipali, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Korlantas Polri memberlakukan kebijakan satu jalur (one way) untuk kendaraan dari Jakarta menuju arah Jawa Tengah yang dimulai dari Km 70 Gerbang Tol Cikampek Utama hingga Km 263 ruas Tol Pejagan-Pemalang. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Antrean Gerbang Tol
Kendaraan pemudik memadati pintu gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Mudik kapal laut
Pemudik yang menumpang KM Dharma Rucitra 9 tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Kapal ini membawa 907 pemudik dari Kota Kumai, Kalimantan Tengah. (ANTARA FOTO/R. REKOTOMO)
Antrean Pelabuhan Merak
Kendaraan pemudik tujuan Pulau Sumatera antre sebelum memasuki kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (31/5/2019) dinihari. Untuk mencegah penumpukan kendaraan di malam hari otoritas Pelabuhan Merak memberlakukan diferensiasi tarif penyeberangan mulai 30 Mei-3 Juni 2019 dengan memberi diskon 10% pada pukul 08.01 WIB - 19.59 WIB, dan kenaikan tarif sebesar 10% pada malam hari dimulai pukul 20.00 WIB - 08.00 WIB.(ANTARA FOTO/DZIKI OKTOMAULIYADI)
Mudik dengan sepeda
Pemudik menggunakan sepeda melintas di jalur pantura Losarang, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (31/5/2019). Beragam cara dilakukan para pemudik untuk bisa kembali ke kampung halaman, salah satunya dengan menggunakan sepeda. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Pemudik bersepeda motor
Pemudik sepeda motor melintas di jalur selatan di Kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Arus mudik Stasiun Pasar Senen
Penumpang KA Gaya Baru Malam Selatan tujuan Surabaya berusaha masuk ke dalam kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub memprediksi pemudik yang menggunakan jasa angkutan kereta api mengalami peningkatan pada 29 Mei hingga 4 Juni dengan puncak arus mudik pada Jumat, 31 Mei. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Kendaraan bak terbuka
Pemudik berada di dalam mobil bak terbuka di Jalur Tol Cikarang Barat, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Meski pihak kepolisian melarang penggunaaan kendaraan bak terbuka untuk mudik, tapi masih banyak pemudik yang melakukan hal tersebut. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Antrean Gerbang Tol
Kendaraan pemudik dari arah Jakarta memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2019). (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)
Berbuka puasa di tepi jalan tol
Pemudik menyantap makanan untuk berbuka puasa di pinggir ruas jalan tol Pejagan-Pemalang, Tegal, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2019). (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Puncak arus mudik telah tiba. Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah warga yang pulang ke kampung halaman selama masa Lebaran 2019 mencapai lebih dari 32 juta orang di seluruh Indonesia.

Berbagai moda transportasi digunakan oleh para pemudik. Dari kendaraan pribadi, transportasi umum, hingga menggunakan sepeda kayuh.

Kesiapan infrastruktur seperti jalan tol trans jawa dan sumatra sangat mendukung kelancaran arus mudik pada ramadan tahun ini.

PHOTO STORY LAINNYA