PHOTO STORY / STYLE

Foto-foto pemenang Anugerah Pewarta Foto Indonesia

Bekantan Kalimantan - Foto terbaik sepanjang tahun dan Juara 1 kategori Environment & Nature
Kera hidung panjang, Bekantan (Nasalis Larvatus) di Kawasan Ekowisata Bekantan di Desa Lok Buntar Kecamatan Tapin Selatan, Kalimantan Selatan, Selasa, 10 Januari 2017. Hewan yang menjadi ikon endemik Kalimantan Selatan ini kian hari semakin terancam kepunahan, kebakaran hutan dan lahan serta pembukaan perkebunan skala besar semakin menghimpit keberadan primata ini. (TEMPO/Dhemas Reviyanto)
Evakuasi Paus Sperma - Juara 2 kategori Environment & Nature
Orang-orang berusaha mengevakuasi paus sperma yang terdampar di perairan dangkal Pantai Ujong Kareung, Aceh Besar, 14 November 2017. Sekitar penyelamat dari berbagai unsur bekerja sejak senin pagi saat hewan-hewan ini ditemukan. Dari sepuluh paus yang terdampar enam diantaranya berhasil digiring kembali ke lautan.(beritagar.id/Fahreza Ahmad)
Sapi Timbal - Juara 3 kategori Environment & Nature
Sapi mencari makanan di tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Putri Cempo, Jebres, Solo, Jawa Tengah, Indonesia, Kamis (17/8). Menurut Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, ternak yang digembalakan untuk makan sampah tidak layak dikonsumsi karena mengandung logam berat seperti plumbum (Pb).(SOLOPOS/Muhammad Ferri Setiawan)
Fase Kritis - Juara 1 kategori General News
Siswa SMPN 2 Karangasem bersiap berangkat ke sekolah dengan latar Gunung Agung yang menyemburkan abu.(Jawa Pos/Raka Denny)
Antre Pencetakan KTP Elektronik - Juara 2 kategori General News
Menggunakan payung dan mantel warga yang telah melakukan perekaman data KTP Elektronik tetap bertahan dalam antrean mengurus pencetakan KTP-El di Stand Kementerian Dalam Negeri dalam Acara Nusantara Expo dan Forum 2017 di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, saat hujan deras mengguyur kawasan itu, Jakarta, Jumat (20/10). Ribuan warga Jakarta dan sekitarnya rela antre berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan ini. (KOMPAS/Wisnu Widiantoro)
Pemeriksaan Syahrini Kasus First Travel - Juara 3 kategori General News
Penyanyi Syahrini menjalani pemeriksaan terkait kasus biro perjalanan First Travel di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Rabu (27/9). Syahrini diperiksa Bareskrim Polri sebagai saksi atas kasus dugaan penipuan oleh First Travel. (Liputan6.com/Helmi Afandi)
Bentrok di Kebakaran - Juara 1 kategori Spot News
Sejumlah warga saling adu pukul saat terjadi kebaran pemukiman yang ada di Jalan Kampung Baru, RT.09/RW.10. Kembangan Utara, Jakarta Barat, Minggu (9/7). Adu pukul antar warga ini terjadi karena saling berebut air untuk memadamkan api yang melalap pemukiman mereka. (AKURAT.CO/Sopian)
Ratusan Tahanan Melarikan Diri - Juara 3 kategori Spot News
Petugas mengamankan seorang tahanan Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru yang sempat melarikan diri di Pekanbaru, Riau, Jumat (5/5/2017). (Metro Riau/Wahyudi)
Mural Susi Pudjiastuti - Juara 1 kategori People in News
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melihat gambar mural dirinya di Kawasan Jalan Slamet Riyadi, Solo, (20/09/2017). (Suara Merdeka/Yoma Times Suryadi)
Novel Baswedan - Juara 2 kategori People In The News
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan pada sesi pemotretan bersama TEMPO di Singapura, Senin, 6 November 2017. Novel Baswedan masih berada di Singapura untuk merampungkan pengobatan mata kirinya yang disiram air keras selepas menunaikan salat shubuh. (TEMPO/Dhemas Reviyanto)
Canda Dua Tokoh Bangsa - Juara 3 kategori People In The News
Presiden RI ke-3 BJ Habibie (kiri) bergurau dengan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri saat bertemu dalam Dialog Kebangsaan di Gedung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta, Selasa (15/8). BJ. Habibie, Megawati Soekanoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono menjadi pembicara dalam Dialog Kebangsaan dengan tema Mengelola Keberagaman untuk meneguhkan Indonesia sebagai bangsa yang besar. (Media Indonesia/Susanto)
Pekerja Pembangunan Jalur LRT - Juara 3 kategori Daily Life
Pekerja proyek pembangunan jalur kereta ringan (LRT) Cawang-Dukuh Atas membeli minuman dari pedagang keliling disela-sela pekerjannya di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Rabu (13/9). Pemerintah berharap prioritas pada pembangunan infrastruktur akan mendorong pertumbuhan ekonomi. (KOMPAS/Totok Wijayanto)
Kirab Sambut Hardiknas 2017 - Juara 1 kategori Art and Entertainment
Sejumlah Pelajar mengikuti parade Kirab Prestasi yang berlangsung di Jalan Jend Sudirman, Makassar, Senin (1/5/2017). Sebanyak lima ribuan pelajar sekolah menengah atas di 24 Kabupaten/Kota di Sulsel mengikuti parade yang terdiri dari atraksi Drum band, atraksi baris berbaris dan lain-lain. Kirab prestasi pelajar merupakan rangkaian peringatan hari Pendidikan Nasional oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.(Radar Makassar/Ismail Amin)
Menari di Puncak B29 - Juara 2 kategori Art and Entertainment
Sejumlah seniman musik dan tari melakukan pagelaran seni kontemporer di puncak B29, kawasan Gunung Bromo, Lumajang, Jawa Jawa Timur, 7/5/2017. Pagelaran tersebut digelar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan sebagai promosi destinasi pariwisata di wilayah Kabupaten Lumajang.(Time Indonesia/Adhitya Hendra)
Mural Kebakaran Hutan - Juara 3 kategori Art & Entertainment
Mural (teknik menggambar di tembok) kebakaran hutan terlihat di Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu 3 Mei 2017.( ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Kericuhan Pertandingan - Penghargaan kategori Sport
Petugas keamanan mengamankan sejumlah pemain Bali United saat terjadi kericuhan pada laga lanjutan Liga I Gojek Traveloka di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (6/11) malam.(ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)
Pesenam Cilik - Penghargaan kategori Sport
Sejumlah anak mengikuti latihan rutin di Klub Senam Artistik FAST Gym di GOR Ragunan, Jakarta, 7 Mei 2017.(KOMPAS/Yuniadhi Agung)
Menyelamatkan Paus Terdampar - Juara 1 kategori Citizen Journalism
Masyarakat ikut membantu evakuasi paus yang terdampar di kawasan Ujong Kareung, Aceh Besar, Aceh, 13/11/2017. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mendorong bersama-sama paus tersebut ke arah yang lebih dalam agar tidak terluka dengan karang yang ada di pesisir pantai tersebut.(Citizen Journalism/Riza Azhari)
Proses pembongkaran bangunan pasar Senen Jaya - Juara 2 kategori Citizen Journalism
Sebuah alat berat sedang bekerja merubuhkan bagian bangunan dari bekas pasar Senen Jaya, Jakarta (23/9) yang mengalami kebakaran pada bulan Januari 2017. (Citizen Journalism/Fidela Benita)
Terjun Satwa - Juara 3 kategori Citizen Journalism
Dua dari tujuh anggota pasukan khusus (Kopassus) melayang di udara sebelum membuka parasutnya dengan membawa satwa, saat memecahkan Rekor Muri, di Lapangan Makopassus, Cijantung, Jakarta, Sabtu (14/10). Tim Kopassus berhasil memecahkan rekor Muri Terjun Bebas Militer Tandem Satwa Terbanyak.(Citizen Journalism/Teguh Windharto)

Pewarta Foto Indonesia (PFI) kembali menggelar perhelatan akbar Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2018.

Ajang paling bergengsi bagi insan pewarta foto di seluruh penjuru negeri ini berlangsung sejak 27 April - 6 Mei 2018 di Gedung Astaka Dataran Engku Putri, Kota Batam, Kepulauan Riau.

APFI memberikan penghargaan kepada pemenang foto tunggal dan foto cerita berdasarkan kategori serta multimedia.

Pada APFI 2018 ini, sebanyak 406 pengirim dengan jumlah 2448 karya pewarta foto, 15 karya multimedia dan 190 karya foto citizen jurnalis telah terkumpul.

Penyelenggaraan APFI 2018 yang menampilkan sejumlah peristiwa yang direkam oleh pewarta foto dan citizen jurnalis diharapkan dapat memberikan manfaat dan edukasi kepada masyarakat umum.

Editor: Daniel Prabowo

PHOTO STORY LAINNYA