PHOTO STORY / NASIONAL

Lokasi unik peringatan HUT RI

Upacara bendera Pulau Tabuhan
Sejumlah warga mengikuti upacara bendera di Pantai Pulau Tabuhan, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (17/8). Upacara bendera memperingati HUT Ke-72 RI tersebut diikuti berbagai komunitas peduli lingkungan, nelayan, dan wisatawan. (ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA)
Upacara di kawasan terdampak abrasi
Warga bersama anak-anak yatim piatu binaan Yayasan Pena Zakat Indonesia melaksanakan upacara bendera di kawasan Hutan Mangrove Bedono, Sayung, Demak, Kamis (17/8). Selain untuk memperingati HUT ke-72 RI, upacara di genangan air laut di atas bekas wilayah desa yang hilang akibat terjangan abrasi tersebut juga untuk mengampanyekan peduli terhadap lingkungan pesisir. (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)
Upacara di dalam gua
Sejumlah pencinta alam menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih di dalam Gua AC, di Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/8). Upacara pengibaran bendera yang diselenggarakan bersama Mapala Lawalata IPB, PO2ROS, dan perwakilan anggota Kopasus tersebut digelar dalam rangka peringatan HUT Ke-72 RI. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Pengibaran bendera bawah laut
Seorang penyelam mengibarkan bendera Merah Putih di kedalaman 15 meter di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (17/8). Kegiatan pengibaran bendera tersebut diikuti tidak kurang dari 100 penyelam dari berbagai komunitas untuk menyemarakkan HUT ke-72 RI.(ANTARA FOTO/ADWIT B PRAMONO)
Bendera raksasa di puncak bukit
Bendera merah putih raksasa dibentangkan di puncak bukit Karang Putih, Indarung, Padang, Sumatera Barat, Kamis (17/8). Bendera merah putih dengan panjang 50 meter dan lebar 33,5 meter dibentangkan Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Semen Padang dalam rangka memperingati HUT ke-72 RI. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Upacara bendera Pegunungan Kendeng
Warga mengikuti upacara HUT ke-72 RI di Pegunungan Kendeng, Kedumulyo, Pati, Jawa Tengah, Kamis (17/8). Upacara dengan mengibarkan Bendera Merah Putih setinggi 35 meter di atas bukit yang diikuti seribuan warga tersebut untuk memeriahkan HUT ke-72 RI.(ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO)
Upacara bendera di Sungai Unda
Ratusan warga mengikuti upacara bendera untuk memperingati HUT ke-72 RI di Sungai Unda, Klungkung, Bali, Kamis (17/8). Kegiatan yang melibatkan warga lintas agama tersebut untuk memperkuat persatuan, menjaga keutuhan NKRI dan sebagai kampanye kepedulian terhadap lingkungan khususnya sungai yang menjadi obyek wisata itu.(ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Pengibaran bendera Pantai Losari
Sejumlah nelayan melaksanakan upacara pengibaran bendera di Pantai Losari, Makassar, Kamis (17/8). Acara yang diikuti ratusan nelayan itu dalam rangka memperingati HUT ke-72 RI. (ANTARA FOTO/SAHRUL MANDA TIKUPADANG)
Bendera raksasa di puncak bukit
Ratusan warga membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 72 meter di Pegunungan Matantimali Desa Wayu, Kinovaro, Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (17/8). Pembentangan bendera yang dilaksanakan oleh Komunitas Patroli Kota Palu itu dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme sekaligus memperingati HUT ke-72 RI. (ANTARAFOTO/BASRI MARZUKI)
Upacara Kemerdekaan KRI Dewaruci
Bendera Merah Putih berkibar di atas KRI Dewaruci di Perairan Laut Jawa, Kamis (17/8). KRI Dewaruci menyelenggarakan upacara HUT ke-72 RI di atas kapal untuk pertama kali. (ANTARA FOTO/ZABUR KARURU)
Upacara bendera di Rawa Pening
Sejumlah warga bertugas mengibarkan bendera Merah Putih dalam upacara HUT ke-72 RI di tepi danau Rawa Pening, Desa Kesongo, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (17/8). Selain untuk mengenang jasa pahlawan kemerdekaan bangsa, upacara tersebut juga dilakukan untuk mengkampanyekan kepada masyarakat tentang upaya pelestarian lingkungan danau alam terbesar di Jateng itu. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Upacara bendera di TPA sampah
Komunitas peduli lingkungan Solo mengikuti upacara bendera peringatan HUT ke-72 RI di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, Jawa Tengah, Kamis (17/8). Kegiatan upacara bendera di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah tersebut sebagai pesan edukasi kepada masyarakat untuk mencintai lingkungan serta meminimalisir tumpukan sampah di TPA yang setiap tahun terus meningkat.(ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
HUT RI di atas kapal Pinisi
Peserta upacara memberikan penghormatan saat mengikuti upacara pengibaran bendera di atas perahu Pinisi Pusaka Nusantara di perairan pulau Samalona, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis(17/8). Upacara yang diikuti aktivis dari berbagai elemen kemaritiman itu untuk memperingati HUT ke-72 Republik Indonesia. (ANTARA FOTO/DEWI FAJRIANI)
Upacara di sungai
Warga mengikuti upacara bendera di Sungai Kalianyar, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (17/8). Kegiatan upacara di sungai tersebut digelar untuk peringatan HUT Ke-72 RI sekaligus sebagai kampanye pelestarian sungai. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Upacara Denjaka di pantai
Sejumlah anggota Detasemen Jala Mengkara (Denjaka), mengikuti upacara HUT Ke-72 RI, di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (17/8). Detasemen Jala Mengkara yang merupakan detasemen pasukan khusus TNI Angkatan Laut, melakukan upacara bersama nelayan, dengan mengibarkan bendera berukuran 9x12 meter di mercusuar setinggi 20 meter. (ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA)
Bendera raksasa di Bengawan Solo
Sejumlah warga mengibarkan bendera dengan panjang 45 meter dan lebar 17 meter di perairan Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (17/8). Untuk membentangkan bendera di air dilakukan delapan perenang dengan bantuan warga usai upacara HUT ke-72 RI yang digelar warga dua desa di bantaran Bengawan Solo. (ANTARA FOTO/AGUK SUDARMOJO)
Upacara di Gua Jlamrong
Peserta mengikuti upacara bendera di dalam Gua Jlamrong, Desa Ngeposari, Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Kamis (17/8). Kegiatan yang diikuti warga dan pegiat alam bebas tersebut untuk memperingati HUT ke-72 RI.(ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 diselenggarakan di seluruh pelosok Nusantara pada 17 Agustus 2017.

Beragam kegiatan seperti upacara bendera dan lomba digelar untuk menyemarakkan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia ini. Upacara peringatan proklamasi ini biasa dilakukan oleh para siswa di sekolah dan aparatur negara di kantor-kantor pemerintahan.

Namun, upacara bendera di tempat-tempat tersebut sudah biasa. Sejumlah warga di berbagai tempat melaksanakan upacara bendera di lokasi yang unik. Bahkan, di tempat-tempat yang tak pernah terpikirkan oleh kita.

Editor : Daniel Prabowo

PHOTO STORY LAINNYA