PHOTO STORY / NASIONAL

Puncak mudik Lebaran 2017

Arus mudik tol Cipali
Sejumlah kendaraan pemudik memadati ruas tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (22/6). Puncak arus mudik di tol Cipali diprediksi terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran.(ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Arus mudik tol Jakarta-Cikampek
Kendaraan pemudik memenuhi ruas jalan tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (22/6) dini hari. Pada H-3 lebaran, volume kendaraan pemudik mulai mengalami peningkatan di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek dan diprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-2 Lebaran, Jumat (23/6). (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Menunggu dibukanya tol fungsional
Pemudik beristirahat di dalam kendaraannya ketika menunggu dibukanya jalan tol fungsional Brebes-Batang di Brebes, Jawa Tengah, Kamis (22/6). Tingginya antusiasme masyarakat untuk melewati jalur tol fungsional membuat mereka rela menunggu berjam-jam untuk melewati jalan yang baru dioperasionalkan pada masa mudik tahun ini. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Menunggu dibukanya tol fungsional
Pemudik beraktivitas di dekat kendaraannya ketika menunggu dibukanya jalan tol fungsional Brebes-Batang di Brebes, Jawa Tengah, Kamis (22/6). Tingginya antusiasme masyarakat untuk melewati jalur tol fungsional membuat mereka rela menunggu berjam-jam untuk melewati jalan yang baru dioperasionalkan pada masa mudik tahun ini.(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Contraflow arus mudik Pantura
Petugas mengatur arus lalu lintas saat memberlakukan sistem contra flow (lawan arus) di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Kamis (22/6). Pada H-3 volume kendaraan di jalur Pantura meningkat hingga 50 persen sehingga Satlantas Polresta Tegal menggunakan sistem contra flow untuk mengurangi kepadatan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.(ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jalur alternatif Pantura
Kendaraan pemudik melintas di jalur alternatif Jalingkut, Tegal, Jawa Tengah, Kamis (22/6). Jalur alternatif untuk mengurai kepadatan di jalur Pantura tersebut berdebu dan dipenuhi kerikil sehingga pemudik terutama sepeda motor harus berhati-hati.(ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Gerbang Tol Salatiga
Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.(KOMPAS.com/Roderick Adrian Mozes)
Antre masuk kapal penyeberangan
Foto aerial kendaraan pemudik antre untuk memasuki Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (22/6).(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Antre masuk kapal penyeberangan
Pemudik sepeda motor antre masuk ke kapal Ro-Ro di Dermaga VI, Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Kamis (22/6).(KOMPAS images/Kristianto Purnomo)
Antre masuk kapal penyeberangan
Pemudik sepeda motor antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro di Dermaga VI, Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Kamis (22/6).(KOMPAS images/Kristianto Purnomo)

Puncak arus mudik Lebaran tahun ini diperkirakan terjadi pada Kamis (22/6) malam hingga Jumat, 23 Juni 2017.

Lonjakan arus pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi meninggalkan Jakarta mulai terjadi pada Rabu (21/6) malam sehingga terjadi kemacetan di sejumlah tempat.

Pemudik dapat menghindari kemacetan jalan tol dengan menempuh jalur Pantura maupun selatan Jawa.

Pemudik juga disarankan untuk selalu memantau layanan informasi mudik yang telah banyak disediakan, maupun melalui aplikasi dan media sosial.

Editor : Daniel Prabowo

PHOTO STORY LAINNYA