PHOTO STORY / REGIONAL

Mudik lebih awal

Pemudik kapal laut
Sejumlah penumpang melongok dari balik jendela KM Jelatik Express yang hendak berangkat di Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru, Riau, Sabtu (17/6).(ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Pemudik kapal laut
Penumpang antre menaiki tangga KM Lambelu di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Sabtu (17/6). (ANTARA FOTO/M Rusman)
Pemudik bus antar kota
Sejumlah pemudik memasuki bus di Terminal Induk Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (17/6). (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Pemudik dari Malaysia
Sejumlah pemudik yang baru tiba dari negara Malaysia menggunakan kapal bersiap naik kendaraan menuju kampung halamannya, di pelabuhan laut Pelindo I Dumai, Riau, Sabtu (17/6). (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)
Mobil pemudik di jalur Pantura
Kendaraan pemudik mulai melintas di Jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (17/6). (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Antrean gerbang tol Brebes Timur
Kendaraan pemudik berhenti saat antre keluar dari jalan tol ke jalur Pantura di pintu Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (17/6).(ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Kedatangan pemudik kereta api
Sejumlah pemudik Kereta Api (KA) Tegal Ekspres jurusan Jakarta-Tegal tiba di Stasiun Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (17/6).(ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Mudik gratis Sido Muncul
Ratusan bus disiapkan saat kegiatan mudik gratis Sido Muncul di Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII, Jakarta Timur, Sabtu (17/6).(WARTA KOTA/Alex Suban)
Mudik gratis Sido Muncul
Para calon pemudik berfoto di depan bus-bus yang akan membawa mereka saat mengikuti mudik gratis Sido Muncul di Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII, Jakarta Timur, Sabtu (17/6).(WARTA KOTA/Alex Suban)
Mudik bersama Gyproc
Para pekerja bangunan yang mengikuti acara mudik gratis bersama Gyproc berjalan menuju bus di kawasan Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (17/6).(TRIBUNNEWS/Jeprima)

Hari Raya Idul Fitri segera tiba. Walaupun masih ada waktu satu pekan, sejumlah warga sudah mulai kembali ke kampung halaman atau mudik.

Mudik dini harus dilakukan oleh mereka yang memiliki ketergantungan dengan jadwal pelayaran kapal laut menuju ke kampung halaman.

Pulang kampung pada saat ini juga dilakukan dengan alasan untuk mengantisipasi kemacetan yang biasa terjadi pada puncak mudik Lebaran.

Mereka yang mudik lebih awal biasanya berasal dari para pekerja informal, seperti pedagang atau buruh bangunan. Program mudik gratis banyak dimanfaatkan untuk kembali ke kampung halaman.

Editor: Daniel Prabowo

PHOTO STORY LAINNYA