PHOTO STORY / INF

Deru Proyek Tol di Timur Jawa

Proyek tol di sisi PLTU Paiton
Foto udara memperlihatkan proyek pembangunan jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I seksi 2 Kraksaan-Paiton yang berada di dekat Jalan Raya Pantura dan PLTU Paiton di Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (31/7/2024). (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)
Pekerja proyek tol
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I seksi 2 Kraksaan-Paiton di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (31/7).(KONTAN/Carolus Agus Waluyo)
Alat berat
Alat dan kendaraan berat beroperasi pada proyek pembangunan jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I seksi 2 Kraksaan-Paiton di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (31/7/2024).  (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)
Konstruksi jalan tol
Deretan kolom konstruksi pada proyek pembangunan jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I seksi 2 Kraksaan-Paiton di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (31/7/2024).(KONTAN/Carolus Agus Waluyo)
Simpang jalan tol
Foto udara memperlihatkan proyek pembangunan persimpangan jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I seksi 1 Gending-Kraksaan, di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (30/7/2024). (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)

Deru Proyek Tol di Timur Jawa

Gesit bangun infrastruktur, itulah gambaran pemerintah saat ini. Untuk jalan Tol Trans Jawa, kini hanya tinggal menyambungkan kabupaten Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi (tol Probowangi).

Infrastruktur ini tak hanya memangkas biaya angkut saja, tetapi juga membuka peluang pengembangan industri, lapangan kerja, pertumbuhan pariwisata, dan mengurangi kesenjangan ekonomi.

Saat ini, proyek tol Probowangi dalam tahap pengerjaan. Khususnya tahap 1 yang menghubungkan Gending-Besuki yang terbagi menjadi 3 seksi. Untuk seksi 1, Gending-Kraksaan sepanjang 12,88 kilometer (km) dan ditarget rampung kuartal IV-2024.

Lantas seksi 2, Kraksaan-Paiton sepanjang 11,20 km, progres konstruksi 40,40% dan diharap rampung awal 2025. Adapun seksi 3, Paiton-Besuki sepanjang 25,6 km progres konstruksi 31,38% dan ditargetkan rampung kuartal III-2025.

Ada banyak asa dari proyek ini, termasuk pariwisata dan transportasi. Ruas tol ini akan mempermudah akses ke Pelabuhan Ketapang dan Pulau Bali serta membuka akses ke tempat wisata.

Saat ini, Tol Trans Jawa sudah terhubung dari Merak hingga Probolinggo sepanjang 1.065,50 km, dan nantinya, diharapkan bisa tersambung sampai ke ujung timur Pulau Jawa yaitu Banyuwangi.

Pewarta Foto: Carolus Agus Waluyo

PHOTO STORY LAINNYA