PHOTO STORY / STYLE

Demi Kebutuhan Penampilan, Industri Kecantikan Terus Meningkat

Mencoba produk kecantikan
Pengunjung mencoba produk kecantikan di ajang Jakarta x Beauty 2024 di Jakarta Convention Center, Senayan (9/6/2024).(KONTAN/Carolus Agus Waluyo)
Mencoba produk kecantikan
Pengunjung mencoba produk kecantikan di ajang Jakarta x Beauty 2024 di Jakarta Convention Center, Senayan (9/6/2024). (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)
Pameran produk kecantikan
Pengunjung mencoba produk kecantikan di ajang Jakarta x Beauty 2024 di Jakarta Convention Center, Senayan (9/6/2024).(KONTAN/Carolus Agus Waluyo)
Pameran produk kecantikan
Pengunjung mendengarkan penjelasan produk kecantikan di ajang Jakarta x Beauty 2024 di Jakarta Convention Center, Senayan (9/6/2024).(KONTAN/Carolus Agus Waluyo)
Jakarta x Beauty
Pengunjung mencoba produk kecantikan di ajang Jakarta x Beauty 2024 di Jakarta Convention Center, Senayan (9/6/2024).(KONTAN/Carolus Agus Waluyo)
Jakarta x Beauty
Pengunjung mencoba produk kecantikan di ajang Jakarta x Beauty 2024 di Jakarta Convention Center, Senayan (9/6/2024).(KONTAN/Carolus Agus Waluyo)

Kebutuhan masyarakat terutama kaum muda untuk menjaga penampilan diri serta melakukan perawatan kulit, membuat perkembangan industri kecantikan meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Merujuk data yang dilansir Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), terjadi peningkatan pertumbuhan jumlah pelaku usaha kosmetik dari tahun ke tahun.

Pada 2023, industri kosmetik di Indonesia tumbuh sebesar 21,9%, yakni dari 913 perusahaan di 2022 menjadi 1.010 perusahaan.

Industri kosmetik nasional juga mampu menembus pasar ekspor di mana secara kumulatif untuk periode Januari-November 2023 nilai ekspor untuk produk kosmetik, wewangian, dan essential oils tercatat mencapai US$ 770,8 juta.

Pewarta Foto: Carolus Agus Waluyo
Editor: Daniel Prabowo

PHOTO STORY LAINNYA