PHOTO STORY / REGIONAL

Peringatan Hari Raya Kurban

Salat Id gumuk pasir
Umat Muslim mengikuti salat Idul Adha di gumuk pasir Pantai Parangkusumo, Bantul, DI Yogyakarta. Salat yang diikuti oleh ribuan warga tersebut sempat terguyur hujan namun tetap berlangsung khidmat. (ANTARA FOTO/HENDRA NURDIYANSYAH)
Membawa hewan kurban
Warga membawa kambing untuk dijadikan hewan kurban peringatan Idul Adha dari penjual di kawasan Tanah Abang, Jakarta (11/9).(REUTERS/DARREN WHITESIDE)
Pawai takbir keliling
Sejumlah warga mengikuti pawai takbir keliling saat acara Parade Takbir Keliling Idul Adha di Seyegan, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (11/9) malam.(ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Menuju lokasi salat
Sejumlah warga Kota Palembang menuju Masjid Agung untuk melaksanakan salat Idul Adha.(ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Salat Id Masjid Agung Palembang
Ribuan warga Kota Palembang melaksanakan salat Idul Adha di halaman masjid Agung, Palembang.(ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Salat Id Masjid Istiqlal
Umat Muslim melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta. Tahun ini Masjid Istiqlal menerima sumbangan sapi kurban seberat 1,5 ton dan 1,3 ton dari Presiden dan Wapres.(ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
Menuju lokasi salat
Seorang warga korban gusuran Kampung Akuarium Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, berjalan menuju lokasi salat Idul Adha.(KONTAN/Fransiskus Simbolon)
Salat Idul Adha warga Akuarium
Ratusan warga korban gusuran Kampung Akuarium Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, menunaikan salat Idul Adha 10 Zulhijjah 1437 H. (KONTAN/Fransiskus Simbolon)
Menyembelih hewan kurban
Warga korban gusuran Kampung Akuarium Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, menyembelih sapi yang dijadikan hewan kurban. Warga mendapatkan sumbangan hewan kurban dari para donatur agar dapat merayakan hari raya walau bertahan dengan tenda dan membangun rumah kayu yang menjadi sarana tempat tinggal mereka.(KONTAN/Fransiskus Simbolon)
Mendengarkan ceramah
Sejumlah umat muslim mendengarkan ceramah seusai ibadah salat Idul Adha di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.(ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Mengarak kambing kurban
Warga mengarak kambing jenis etawa sebelum dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1437 H di Surabaya.(ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Membagikan daging kurban
Petugas menata daging sapi dan kambing kurban sebelum dibagikan kepada warga di dekat salah satu masjid di Jakarta.(REUTERS/IQRO RINALDI)

Jutaan umat Muslim di Indonesia telah merayakan hari raya Idul Adha 1473 Hijriyah yang jatuh pada Senin (12/9). Pada hari tersebut diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Hari raya diawali dengan Salat Id oleh para umat Muslim di sejumlah tempat. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, yang kemudian dagingnya dibagikan kepada warga kurang mampu.

Perayaan Idul Adha di seluruh penjuru Nusantara berlangsung kondusif. Salah satunya juga berlangsung di kawasan bekas penggusuran Kampung Akuarium Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara. Warga merayakan hari raya di antara reruntuhan rumah mereka yang digusur Pemerintah DKI Jakarta pada pertengahan April lalu.

Dari Serang, Banten, Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan jika Hari Raya Kurban merupakan momentum bagi semua orang untuk menumbuhkan semangat berkorban. Presiden menambahkan, semangat pengorbanan tersebut di antaranya dapat diwujudkan dengan bergotong royong dan bekerja keras untuk bangsa dan negara dengan menyingkirkan segala kepentingan pribadi.

Editor: Daniel Prabowo

PHOTO STORY LAINNYA